Latest News
Penjelasan Lengkap Mengetahui Dasar-Dasar Lembar Kerja Excel 2013

Penjelasan Lengkap Mengetahui Dasar-Dasar Lembar Kerja Excel 2013

Tahap Belajar Komputer - Microsoft Excel 2013 merupakan program terbaru dari versi sebelumnya program Ms. Excel 2000, Ms. Excel 2003 , Ms. Excel 2007, Ms. Excel 2010. Dibanding dengan orang modern sampai saat ini Orang-orang dahulu sebelum mengenal Ms. Excel mereka menggunakan cara manual untuk menghitung mengolah rumus untuk menemukan suatu hasil. Suatu cara yang cukup rumit dan membutuhkan energi yang maksial untuk menggunakan otak supaya bisa berfikir ekstra. Begitulah orang-orang sebelum mengenal Ms. Excel. Cara tersebut terus menerus dilakukan mereka hingga pada suatu era yang pada saat itu bisa dikatakan menginjak modern karena manusia telah mulai menyadari betapa semakin rumitnya kehidupan dan perhitungan kebutuhan mereka dalam keseharian. Akhirnya berbagai alat bantu untuk menghitung mereka coba untuk membuatnya dan mengaplikasikan cara-cara perhitungan secara sederhana yang mereka ketahui pada alat tersebut. 
Waktu berjalan terus menerus membuat manusia berfikir kreatif untuk menciptakan berbagai alat bantu kehidupan sehari-hari. Walaupun mereka belum  mengenal Microsoft Excel 2013. Mereka berharap dengan bargabai alat yang mereka ciptakan dapat membantu umat mereka kedepannya. Berbagai penemuan ditemukan oleh para ilmuan dijaman itu. Mulai dari alat hitung Sempoa atau abacus yaitu alat hitung paling tua yang pernah ada. Asal-usulnya masih sulit dilacak karena ada banyak alat hitung yang mirip di berbagai kebudayaan dunia. Diperkirakan sempoa sudah ada di Babilonia dan di Tiongkok sekitar tahun 2400 SM dan 3000 SM

Penggunaan abacus cukup populer di jaman itu. Dengan begitu manusia sebelum mengenal Microsoft Excel 2013 sudah sedikit terbantu dengan alat hitung abacus yang sederhana itu. Berlanjut dengan poloa pikir manusia yang dinamis abacus mulai ditinggalkan dan manusia mulai mengenal alat bantu hitung yang lain atau yang modern ini dikenal dengan kalkulator.  

Itulah kisah sedikit mengenai alat bantu hiting. Kita kembali lagi ke topik pembahasan kita kali ini yang merupakan pembahasan utama mengenai Dasar-dasar Lembar Kerja Micrososft Excel 2013. Adapaun Lembar Kerja Micrososft Excel 2013 tidak jauh berbedan dengan lembar kerja Ms. Excel 2000, Ms. Excel 2003 , Ms. Excel 2007, Ms. Excel 2010. Terutama pada lembar kerja Ms. Excel 2010 yang merpakan versi sebelumnya dari Micrososft Excel 2013. Kalau anda tidak percaya dengan apa yang saya katakan ini cobalah untuk menginstall masing-masing dari versi Ms. Excel. Maka anda akan tahu dimana letak perbendaannya tersebut. Memang sih dalam hal tampilan sangatlah berbeda . Akan tetapai kalau milhat cara pembuatan rumus dan logika yang ada saya kira dengan apa yang saya ketahui sebelumnya dari saya memakai Ms. Excel 2000, Ms. Excel 2003 , Ms. Excel 2007, Ms. Excel 2010 sampai sekarang ini Ms. Excel 2013 tidak begitu berbeda. Pastinya ada yang kurang saya ketahui silahkan anda memberi tambahan di kolom komentar. 

Begitu banyak penjelasan saya di awal kawan. Lihatlah gamabr dibawah ini. anda bisa memperbesar gambar dibawah ini. selanjutuntuk mengetahui lembar kerja ms. excel 2013.


Setelah Anda perbesar gambar tersebut maka anda akan medapati penjelasan ringkat yang belum tentu anda paham .. Maka dari itu gambar dibawah ini mungkin cukup memberi kepadaham kepada anda. lihatlah pada gambar dan bacalah keterangan yang ada di bawah gambar;


Keterangan Gambar;
Berikut ini adalah keterangan  gambar lembar kerja microsoft excel 2013. Disini akan dijelaskan menurut nomor urut yang ada di gambar. Guna untuk  memberikan kepahaman kepada anda.

Nomor;
  1. Quick Tool Bar, Merupak tool yang disediakan di halaman kerja Ms. Excel 2013 untuk memudahkan pengguna menyimpan dan menggunakan tool lain yang telah di set didalamnya.
  2. Title Bar, Merupakan Judul dari halaman kerja pada saat mengedit. Jika dokumen ms. excel 2013 disimpan dengan nama terterntu. Misalkan disimpan dengan nama "Gaji Bonus Kayanan Ais Sport www.GradeOri.tk bulan 1 Desember 2014" maka pada title bar juga akan berupah sesuai dengan nama tadi.
  3. Menu Bar, Pada bagian ini semua pengaturan ditempatkan, baik itu edit samapi pada formula. Semua disediakan disini. Akan tetapi anda bisa langsung menempatkan tool yang ada di tempatkan di Quick tool bar, atau juga telah disediakan di Ribbon.
  4. Windws Control, Pada halaman kerja microsoft excel 2013 windows kontrol berfungsi sebagaimana windows control programs yang ada di windows. yaotu berfungsi untuk meminimaz windows, atau maksimalkan jendela kerja.
  5. Ribbon, pada bagian ini isi sebenarnya juga hampir sama seperti Menu bar, yaitu letak kumpulan bergai tool untuk mengedit atau bekerja di halaman kerja microsoft excel 2013.
  6. Name Box, Menunjukan posisi pointer berada, Jadi dimana ketika anda memindahkan ponter ke letak yang lain secara automatis Name Box ini berubah.
  7. Format Bar, Merupakan form edit formula tambah kurang rata-rata dan lain sebagainya untuk mendapatkan suatu hasil dari logika yang di ketikan didalamnya.
  8. Hiden Ribbon Control, Jika tanda panah di klik maka secara automatis ribbon akan disenbunyikan dan halaman kerja ms. excel 2013 akan diperlebar.
  9. All Select, Di ms. excel 2013 ketika mau menyeleksi keseluruhan pointer maka selain menggunakan ctrl + a klik All Select juga cukup membantu.
  10. Pointer, merupakan form input variabel karakter untuk bisa digunakan dalam penggunaan suatu rumus.
  11. Colom, mrupakan deretan kebawah
  12. Row, merupakan deretan kesamping
  13. Top Vertical Scroll Bar, jika ini di klik maka anda akan dibawa ke atas halaman kerja ms. excel 2013
  14. Down Vertical Scroll Bar,jika ini di klik maka anda akan dibawa ke bawah halaman kerja ms. excel 2013
  15. Sheet Control, pada bagian kiri memberikan arahan untuk pindah di Sheet ke kiri satu langkah ketika di klik begitu kebalikannya jika di klik bagian yang kanan.
  16. Sheet Active, menunjukan halaman kerja yang aktif pada ms. Excel 2013.
  17. Plus Sheet, Menambah satu halaman kerja lagi di sisi sebelah kanan Sheet 1, Sheet 2,Sheet 3,Sheet 4 dan seterusnya
  18. Lift Horizontal Scroll Bar, jika di klik makan anda akan dibawa ke bagian kiri halaman kerja yang sebelumnya tidak terlihat.
  19. Rigth Horizontal Scroll Bar, jika di klik makan anda akan dibawa ke bagian kanan halaman kerja yang sebelumnya tidak terlihat.
  20. View Mode Tool Bar, Memberikan tampilan yang berbeda sesuai dengan format model tampilan yang di klik.
  21. Zoom Control, memberikan kontrol kepada penggunaan microsoft excel 2013 untuk meper besar pointer atau memperkecil ponter.
Semoga penjelasan yang insyaallah sudah saya usahakan untuk mendetail di Penjelasan Lengkap Mengetahui Dasar-Dasar Lembar Kerja Excel 2013 cukup membantu anda dalam mengetahui microsoft excel 2013.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Mengetahui Dasar-Dasar Lembar Kerja Excel 2013"

Ketentuan berkomentar ;

* Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati, karena komentar yang disertai promosi URL tidak akan pernah tampilkan

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT), promosi, dan komentar-komentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri, karena komentar seperti itu tidak akan pernah ditampilkan