Latest News
Penjelasan Lengkap Bahasa Pemprograman

Penjelasan Lengkap Bahasa Pemprograman

Tahap Belajar Komputer - Bahasa Pemprograman merupakan bahasa yang difungsikan untuk berkomunikasi dengan suatu rangkaian elektronik yang terkomputerisasi. Kenapa harus memerlukan bahasa pemprograman untuk berkomunikasi dengan rangkaian elektronik tadi? Pada dasarnya rangkaian elektronik hanya mampu memahami deretan angka satu dan nol yang tersusun sebanyak tidak terbatas. Contohnya deretan 00001100111 dibaca: nol nol nol nol satu satu nol nol satu satu satu membentuk suatu susunan karakter k-o-m-p-u-t-e-r tanpa tanda strip ( komputer ). Susunan dari deretan angka satu dan nol tersebut dikebal dengan angka binner. Sedangkan susunan dari angka biner yang disusun menyerupai algoritma yang di terapkan oleh programer disebut dengan bahasa binner. Dengan kata lain bahasa yang tersusun menggunakan deretan angka satu dan nol.
Tahap Belajar Komputer - Bahasa pemprograman memiliki spesifikasi tersendiri. Beberapa spesifikasi digolongkan dari kedekatan pemahaman. Maksud dari pendekatan kepahaman iyalah seberapa memahamkan bahasa pemprograman itu terhadap lawan bicaranya. Dan lawan bicara ini dibedakan dalam dua jenis. Apakah lawan bicara itu adalah manusia atau lawan bicara itu adalah komputer. Dari sedikit penjelasan kedekatan dengan lawan bicara tersebut, bahasa pemprograman memiliki tingkatan tersendiri. Semakin dekat pemahaman bahasa pemprograman tersebut terhadap lawan bicara maka disebut bahasa pemprograman tingkat atas. Dan semain sedang tingkat pemahaman bahasa terhadap lawan bicara maka bahasa tersebut dikatakan bahasa pemprograman tingkat sedang. Selanjutnya ketika bahasa pemprograman itu semakin sulit dimengerti maka dikatakan bahasa pemprograman tingkat rendah.

Kita lihat lawan bicara adalah komputer;
Kalau kita lihat lawan bicaranya adalah komputer maka bahasa pemprograman yang mudah dipahami oleh manusia contohnya PHP, Java, CPP, dan lain sebagainya merupakan bahasa tingkat bawah bagi komputer. Yang jadi pertanyaan kenapa bisa jadi demikian? komputer untuk memahami bahasa tingkat atas (bahasa yang bisa dipahami manusia) memerlukan penerjemah berupa kernel untuk diterjemahin kebahasa komputer yaitu bahasa binner. Nah dalam terapa pembahasan ini maka ketika manusia menggunakan bahasa binner dalam memberi intruksi yang perlu dijalankan oleh komputer, komputer lebih memahaminya.

Selanjutnya kita lihat lawan bicara adalah manusia.
Demikian juga kalau kita lihat bahwa lawan bicaranya adalah manusia maka bahasa binner yang merupakan bahasa yang dikenali oleh komputer atau bahasa tingkat atas bagi komputer tidak mudah dipahami oleh manusia. Komputer terhadap manusia juga membutuhkan kernel yang disediakan di komputer untuk berkomunikasi dengan manusia.

Kok dari tadi disebut-sebut kernel. Apa sih kernel itu?
Kerner adalah suatu interpreter yang digunakan oleh oprating system atau dalam bahasa indonesia disebut dengan sistem oprasi untuk menghubungkan antara software kepada hardware ataupun hardware kepada software. Tanpa adanya kernel yang bisa menerjemahkan program eksekusi pada oprating system maka secanggih apapun komputer itu akan tetap sudah digunakan oleh manusia. Okelah cukup membuat pusing ya.. Insyaallah saya akan memberikan pembahasan tentang kernel dan oprating system pada judul artikel yang lain. Karena apa? Pembahasan tersebut cukup luas untuk saya jadikan satu dalam pembahasan bahasa pemprograman.

Contoh-contoh bahasa pemrograman dan jenisnya

Pendekatan pemahaman terhadap manusia bahasa pemrograman memiliki jenis-jenis sebagai berikut;
  1. Bahasa Pemprograman tingkat atas.
    Contoh:
    • Bahasa Pemprograman Java
    • Bahasa Pemprograman PHP
    • Bahasa Pemprograman C++
  1. Bahasa Pemprograman Tingkat Menengah atau tingkat sedang
    Contoh:
    • Bahasa Pemprograman Cobol
    • Bahasa pemprograman Ada
    • Bahasa Pemprograman cobra
  1. Bahasa Pemprograman Tingkat Rendah
    Contoh:
    • Bahasa Pemprograman Binner
Hiih .... Kenapa contoh bahasa tingkat rendah kok cuman satu aja? Kan udah dijelasin di atas. Komputer hanya paham dengan bahasa binner saja. Yaitu bahasa pemprograman yang terdiri dari deretang angka satu dan nol secara acak. Oke ya.. dipahami.. Kalau ada pertanyaan atau sanggahan komen daja ya.. kita diskusi disini.. biar saling berbagi ilmu.

0 Response to "Penjelasan Lengkap Bahasa Pemprograman"

Ketentuan berkomentar ;

* Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati, karena komentar yang disertai promosi URL tidak akan pernah tampilkan

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT), promosi, dan komentar-komentar yang anda tidak suka jika hal itu terjadi di blog anda sendiri, karena komentar seperti itu tidak akan pernah ditampilkan